Profil Para Pemenang Lomba Esai Kategori Alumni
Judul Esai : Bijaksana Menggunakan Media Massa Dalam Rangka Membangun Karakter Bangsa dan Menghentikan Demoralisasi di Masyarakat

JUARA 1 | ||
Nama | : | Rika Purnama Lubis |
NIM/No. KTA | : | C. 32157 |
Asal Jurusan | : | Alumni (Ilmu Pemerintahan) |
Asal UPBJJ | : | Batam |
Pengalaman di balik pembuatan Esai, bagaimana prosesnya? |
Didasarkan atas keprihatinan di sekeliling kita terhadap penggunaan media massa yang terbilang tidak sehat untuk pembangunan sumber daya manusia di Indonesia, bahkan televisi nasional yang dibanjiri program-program infotainment yang tidak mendidik. |
Judul Esai : Cita-cita Mengubah Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Internasional, Mungkinkah Tercapai?

JUARA 2 | ||
Nama | : | Metta Dini Evandari |
NIM/No. KTA | : | C.75406 |
Asal Jurusan | : | Sastra Inggris |
Asal UPBJJ | : | Jakarta |
Pengalaman di balik pembuatan Esai, bagaimana prosesnya? |
Pertama bikin kerangka apa yg mau ditulis di bab pendahuluan dan pembahasan. Cari sumber ilmiah untuk tiap bab. Saya lebih memilih sumber ilmiah jurnal atau berita online krn lebih gampang utk skimming dibandingkan buku. Saya tipe orang yg kalau belum mepet deadline belum all out. H-2 seharian ngebut mengerjakan sampai selesai. Karena ada kerangka, proses penulisan jadi lebih lancar. H-1 esai tidak disentuh dan diligat untuk menetralkan pikiran. Hari H Subuh baru dibaca lagi dan diedit sedikit. Unggahnya jam 9 pagi. |
Judul Esai : Menggugah Kreatifitas Mahasiswa Dalam Membuat Video Presentasi Daring di Masa Pandemi Covid 19

JUARA 3 | ||
Nama | : | Danella Cerelia Petrina |
NIM/No. KTA | : | A. 40061 |
Asal Jurusan | : | S 1. PGSD |
Asal UPBJJ | : | Samarinda |
Pengalaman di balik pembuatan Esai, bagaimana prosesnya? |
Dalam membuat essai ini saya melihat yang terdekat dengan pengalaman mengajar di UT serta situasi yang berlangsung saat ini. Kebetulan saya mendapatkan mata kuliah berpraktik di semester lalu yaitu Pemantapan Kemampuan Belajar. Di mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat mempraktikkan hasil mengajar mereka di kelas secara normal namun karena pandemi mereka tidak dapat mengaplikasikan seperti biasanya. Oleh karena itu, saya ingat bahwa di UT mengajarkan mahasiswa untuk belajar mandiri, kreatif, inovatif sehingga dapat menghadapi situasi apapun, maka saya gunakan kesempatan ini untuk memberikan mempercayakan kemampuan mereka dalam berkreasi melalui video pembelajaran. Video tersebut beraneka ragam, baik dengan membuat animasi seperti guru menjelaskan di depan kelas secara langsung atau memanfaatkan alat peraga yang ada di sekitarnya, kemudian direkam untuk dapat memahamkan materi kepada siswa dan banyak lagi yang lainnya. Dengan demikian, mahasiswa Universitas Terbuka telah mengantongi poin lebih dalam situasi ini. Karena bentuk essai untuk lomba ini cukup panjang saya pun sisipkan kutipan dari beberapa hasil tulisan sebelumnya untuk menguatkan essai saya dengan menjadikannya catatan dalam footnote sehingga essai saya merupakan kombinasi antara pengalaman pribadi dan serta masukkan ilmiah dari hasil penelitian sebelumnya . Selain itu, untuk memberikan penguat dalam essai ini juga disertakan screenshoot contoh video pembelajaran mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar yang telah dilakukan |