Muswil Ke-1 IKA UT Jambi

1

Pada hari Sabtu, tanggal 31 Juli 2021, IKA UT Jambi mengadakan Muswil Ke-1 secara daring. Acara yang juga dihadiri oleh Pengurus Wilayah IKA UT lain sebagai peninjau ini dibuka oleh Jenderal TNI (Purn) Dr. Moeldoko,  M. Si.

Dalam acara pembukaan Muswil, Ketua PW IKA UT Jambi, Holidi, S. IP, MAP menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak sehingga Muswil Jambi ke-1 yang bertema “Menjalin Sinergi IKA-UT, UPBJJ UT dan Pokjar untuk memajukan Universitas Terbuka Jambi” dapat terselenggara walaupun dengan situasi dan kondisi terbatas, melalui cara daring.

Acara Muswil ini dihadiri oleh para pengurus IKA UT Pusat, para pengurus IKA UT Jambi periode 2015 s/d 2020, utusan dari 9 cabang, undangan Pejabat Pemerintah, organisasi nasional dan daerah dan tokoh masyarakat dan peninjau, baik secara offline maupun online.

Turut memberikan sambutan Direktur UT Jambi Drs. Muhammad Tair A, MM.

Ketua Umum Jend. TNI (Purn) Dr. Moeldoko, M.Si

Sementara Ketua Umum, Bpk Moeldoko mengucapkan terima kasih kepada pengurus lama IKA UT Jambi periode 2015 s.d 2020 yang telah bekerja dengan baik, dan bisa menyelenggarakan Muswil IKA UT.

Peningkatan layanan kesehatan dan pendidikan yang berkualitas selalu ditekankan oleh Bapak Presiden RI. Untuk itu Ketua Umum berharap UT selalu bisa merespon situasi dan keinginan Bapak Presiden di tengah persaingan global, harus memperkuat diri dan membangun competitive niche.

“Walaupun kita paham bahwa UT sekarang menjadi universitas terdepan di dalam menjalankan peran pendidikannya di sektor online, karena punya pengalaman puluhan tahun, tetapi tidak boleh lengah, harus dibangun inovasi baru,” ucap Bapak Moeldoko.

Untuk menghadapi sebuah perubahan yang cepat dan kompleksitas yang baru, maka setiap alumni diharapkan memiliki konsep 3C plus I yaitu:

  1. Compleks problem solving, mampu menjawab tantangan di luar dan di masa depan.
  2. Critical thinking, menjadi orang-orang yang kritis dalam menghadapi situasi yang tidak baik dan ketidakpastian.
  3. Creative, selalu memunculkan ide-ide baru, tidak menyerah dengan situasi yang ada.
  4. Inovative, tanpa inovasi maka kita akan mati. Maka alumni diharapkan dapat berpikir lebih maju, terdepan dalam pemikiran, terdepan dalam membangun prediksi.

Untuk menuju Indonesia Emas itu tidak mudah disebabkan munculnya tantangan-tantangan tidak terduga, seperti munculnya pandemi Covid -19 yang menimbulkan perubahan tatanan secara keseluruhan. Tetapi demi semangat kuat untuk menyiapkan Indonesia Maju pada 2045, maka kita wajib menyiapkan calon-calon pemimpin yang hebat di masa depan melalui Universitas Terbuka.

Ketua Umum juga mengharapkan IKA UT, UPBJJ UT hingga Pokjar dapat membangun sinergi dan kerjasama yang baik, kolaborasi dengan semua stackholder sehingga mampu meningkatkan peran UT dan IKA UT, dengan jeli melihat potensi dan mengubah potensi tersebut menjadi kekuatan bersama.

Selanjutnya Acara Pembukaan akan dilanjutkan dengan inti acara Muswil ke-1 IKA UT Jambi.

Muswil IKA UT Wilayah Jambi Tahun 2021 diadakan di kantor UPBJJ UT Jambi pada hari Sabtu, 31 Juli 2021 sesuai dengan AD/ART IKA UT, yang dipimpin oleh pimpinan sidang yaitu H. Sukarno, S.IP (Ketua), . H. Syahrul, S.Pd. MM (Sekretaris) dan Aidhi Zulham S.A.P.

Acara diawali dengan pembacaan Tata Tertib dan dilanjutkan dengan laporan pertanggungjawaban oleh Ketua IKA UT Wilayah Jambi 2016 s.d 2021, Holidi, S. IP, MAP, yang ditanggapi dengan positif dan diterima secara aklamasi oleh semua utusan dari 9 (sembilan) IKA UT Cabang.

Pada sidang paripurna ke-3, terbentuk Komisi A dan Komisi B, yang merumuskan garis besar program-program yang akan dilaksanakan oleh Kepengurusan IKA UT 2021 s.d 2026 dan dibacakan oleh masing-masing perwakilan dari kedua Komisi.

Adapun hasil dari rangkaian sidang paripurna yaitu pengangkatan kembali secara aklamasi, Bapak Holidi, S. IP, MAP, sebagai ketua IKA UT Wilayah Jambi periode 2021 s.d 2026. Acara pun diakhiri dengan penetapan dan pengukuhan Ketua IKA UT Wilayah Jambi terpilih.

iin

1 Comment
  1. Kesekjenanan PP IKA UT says

    Terima Kasih untuk Bidang 2 PP IKA UT kerjasamanya. Fast Respon

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial